OwnSkin Preview
Download To Mobile Phone: Noken Kein
Noken Kreatif: AKUNTANSI MANAJEMEN

Kamis, 23 Juni 2011

AKUNTANSI MANAJEMEN


BAB I
INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL
  
1.      Sebutkan dan jelaskan bagaimana proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen dalam suatu perusahaan!
Jawab:
      Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen adalah sbb:
  1. Pengakuan dan perumusan masalah keuangan.
Keputusan yang diambil oleh manajemen merupakan respon terhadap masalah yang timbul atau peluang yang terbuka bagi perusahaan, dan dengan adanya informasi akuntansi memungkinkan dapat memberikan peringatan kepada manajemen mengenai adanya masalah yang harus diperhatikan dan diatasi.
b.      Pencarian tindakan alternatif dan kuantifikasi konsekuensinya masing-masing.
Dalam mencari tindakan alternatif manajemen dapat melihat kembali pengalaman yang terjadi di masa silam dan memanfaatkannya untuk mengatasi masalah yang lalu
c.       Pemilihan alternatif optimal atau alternatif yang memuaskan.
Alternatif yang dipilih haruslah yang layak dan dapat digunakan untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
d.      Implementasi dan tindakan lanjutan.
Implementasi suatu tindakan hanya dapat berhasil jika individu memiliki pandangan yang positif terhadap kriteria alternatif yang pemecahan yang telah ditentukan.
2.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan masalah dalam informasi akuntansi!
Jawab:
Masalah dalam informasi akuntansi merupakan perbedaan antara kondisi yang di harapkan dengan kondisi yang ada, disini terjadi kemungkinan akan ketidak sesuaian antara data yang diperoleh dengan peristiwa yang sesungguhnya serta ruang dan waktu yang berbeda dengan tujuan kuantitatif informasi tersebut sehingga dikatakan sebagai suatu masalah.
3.      Jelaskan manfaat adanya informasi akuntansi pertanggungjawaban bagi suatu perusahaan!
Jawab:
Manfaat informasi akuntansi pertanggungjawaban adalah dengan adanya informasi akuntansi pertanggungjawaban kita dapat penyusun anggaran, penilaian kerja manajer, pemotivasian manajer dalam menghasilkan kinerja, pengelolaan aktivitas dan pemantauan evektivitas program pengelolaan aktivitas.
4.      Apa peranan akuntansi manajemen dalam pengambilan keputusan?
Jawab:
Peranan akuntansi manajemen dalam pengambilan keputusan adalah sbb:
a.       Merangsang manajemen dalam menyadari dan mengidentifikasikan masalah.
b.      Memampukan manajer  dalam mengorganisasikan dan menggunakan informasi akuntansi serta preferensi pribadi mereka terhadap informasi kuantitatif dan kualitatif.
c.       Untuk dapat mengetahui ukuran perusahaan dan tingkat desentralisasi didalamnya.
d.      Sebagai pembanding masalah dan peluang dengan adanya data industri.
5.      Hal-hal apa saja yang menjadi patokan penetapan bobot yang diberikan oleh pengambil keputusan informasi akuntansi dalam pemilihan akhir?
Jawab:
Bobot yang diberikan oleh pengambil keputusan informasi akuntansi dalam pemilihan akhir tergantung pada:
a)      Seberapa jauh informasi akuntansi dirasakan mampu mengurangi ketidakpastian yang melingkupi proses pengambilan keputusan.
b)      Permintaan dan persaingan atas produk atau jasa.
c)      Tingkat ketelitian informasi akuntansi yang direkayasa oleh manajemen.
d)     Lingkup kepuasan yang diambil dalam jangka pendek.
e)      Preferensi pengambilan keputusan.
f)       Kemampuan akuntansi dalam mengukur biaya peluang.
g)      Tingkat ketelitian yang diletakan oleh manajemen atas informasi akuntansi.
6.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan dengan informasi akuntansi diferensial!
Jawab:
Informasi akuntansi diferensial adalah informasi akuntansi yang berhubungan dengan pemilihan alternatif dan juga merupakan taksiran perbedaan antara aktiva, pendapatan dan biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan lainnya.
7.      Jelakan maksud dari pernyataan “biaya diferensial adalah biaya yang berbeda”!
Jawab:
Maksudnya adalah biaya difeerensial ini pada masa yang akan datang diperkirakan berbeda (differ) atau terpengaruh oleh sesuatu pengambilan keputusan pemilihan diantara berbagai macam alternatif, sehingga biaya tersebut relvan dengan analisis yang dilakukan oleh manajemen dalam pengmbilan keputusan.
 8.    Jelaskan perbedaan antara biaya tetap, biaya variabel dan biaya diferensial!
Jawab:
Perbedaan antara biaya tetap, biaya variabel dan biaya diferensial adalah biaya tetap  dimana biaya totalnya tidak berubah meskipun adanya perubahan volume kegiatan tertentu, sedangkan biaya variabel memiliki biaya yang berubah-ubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan tertentu dan biaya diferensial selalu berkaitan dengan alternatif tertentu yang dipertimbangkan untuk dipilih.
9.     Apa sajakah jenis-jenis pengambilan keputusan jangka pendek yang dihadapi oleh seorang manajer perusahaan!
Jawab:
Empat jenis pengambilan keputusan jangka pendek yang dihadapi oleh seorang manajer perusahaan antara lain:
a.       Membeli atau membuat sendiri.
b.      Menjual atau memproses lebih lanjut suatu proses.
c.       Menghentikan atau melanjutkan produksi produk tertentu atau kegiatan usaha departemen tertentu.
d.      Menolak atau menerima pesanan khusus.
10. Jelaskan bagaimana pengaruh pajak penghasilan terhadap pengambilan keputusan pada sebuah perusahaan!
Jawab:
Besarnya pajak penghasilan yang harus dibayar oleh perusahaan sangat dipengaruhi oleh jumlah arus kas masuk (pendapatan) yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, sehingga PPh ini mempungai pengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan  bentuk badan usaha, manajemen aktiva tetap, pemilhan metode akuntansi  dan pemilihan metode pembelajaran perusahaan. Berbagai pengambilan keputusan tersebut akan mempengaruhi arus kas perusahaan yang akan berakibat terhadap pengeluaran kas untuk pembayaran wajib pajak.


BAB II
AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN

1.      Jelaskan bagaimana cara pendelegasian wewenang  manajer pada suatu perusahaan!
Jawab:
Pada suatu perusahaan, wewenang didelegasikan dari manajer atas ke manajer dibawahnya dan pendelegasian wewenang ini menuntut manajer bawah untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan wewenang kepada  manajer atasnya, dan wewenang yang dimiliki oleh seorang manajer menjadikannya dalam posisi dapat mengendalikan sesuatu yang berada di bawah wewenangnya.
2.      Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan sistem akuntansi pertanggungjawaban!
Jawab:
Sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan metode pengendalian biaya yang dikembangkan kemudian setelah sistim biaya standar dimana biaya produksi merupakan proporsi terbesar dalam total biaya penuh produk sedangkan biaya overhead pabrik merupakan proporsi terbesar dalam total biaya produksi yang akan dipertanggungjawabkan pada akhir periode suatu perusahaan.
3.      Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan informasi akuntansi pertanggunganjawaban!
Jawab:
Informasi akuntansi pertanggunganjawaban adalah informasi aktiva, pendapatan dan atau biaya yang dihubungkan dengan aktivitas penambahan dan bukan penambahan nilai. Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan keluaran system akuntansi pertanggungjawaban.
4.      Apa yang menjadi tolak ukur dalam sistem biaya standar?
Jawab:
Yang menjadi tolak ukur dalam sistem biaya standar adalah biaya standar per satuan produk, yang mana akan di gunakan sebagai tolak ukur konsumsi sumber daya dalam proses pembuatan produk.
5.      Sebutkan dan jelaskan aktiva-aktiva yang digunakan oleh suatu pusat pertanggungjawaban!
Jawab:
Aktiva yang digunakan oleh suatu pusat pertanggungjawaban dapat dikelompokan kedalam dua golongan yaitu :
a)      Aktiva terkendali
   Aktiva terkendalikan bagi seorang manajer pusat pertanggungjawaban adalah :
1)      Aktiva yang pemerolehan dan penggunaannya berada di bawah wewenang manajer pusat pertanggungjawaban.
2)      Aktiva yang penggunaannya berada di dalam wewenang manajer pusat pertanggungjawaban.
b)      Aktiva tidak terkendalikan
Suatu aktiva, pendapatan dan biaya yang tidak terkendalikan oleh seorang manajer bagian mungkin merupakan aktiva, pendapatan dan biaya terkendalikan bagi manajer departemen yang membawahinya atau manajer bagian yang lain dalam organisasi.
6.      Jelaskan cara-cara yang digunakan untuk mengubah biaya yang tidak terkendalikan menjadi biaya terkendalikan!
Jawab:
Biaya tidak terkendalikan dapat diubah menjadi biaya terkendalikan melalui dua cara yakni :
1)      Dengan mengubah dasar pembebanan dari alokasi ke pembebanan langsung.
Biaya yang dialokasikan kepada suatu pusat pertanggungjawaban dengan dasar yang sembarang, tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban kepada manajer pusat pertanggungjawaban yang bersangkutan, sehingga biaya tersebut merupakan biaya tidak terkendalikan bagi manajer tersebut.
2)      Dengan mengubah letak tanggung jawab pengambil keputusan.
Untuk pengendalian biaya, organisasi harus disusun sedemikian rupa sehingga jelas wewenang, pengambilan keputusan dan tanggung jawab setiap manajer.
7.      Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan variabilitas biaya!
Jawab:
Variabilitas biaya merupakan adalah perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan. Jika terkendalikannya biaya dihubungkan dengan perubahan volume kegiatan, biaya dapat dikelompokan menjadi dua golongan yaitu : biaya yang dalam jangka pendek tidak dapat dipengaruhi secara signifikan olehg manajer yang berwenang dan biaya dalam jangka pendek dapat dipengaruhi secara signifikan oleh manajer yang bersangkutan.
8.      Mengapa informasi akuntansi pertanggungjawaban dikatakan sebagai penilai kinerja manajer pusat pertanggungjawaban!
Jawab:
Karena informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi yang penting dalam proses perencanaan dan pengendalian aktivitas organisasi, maka informasi tersebut menekankan hubungan antara informasi dengan manajer yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan realisasinya, sehingga pengendalian dapat dilakukan dengan cara memberikan peran bagi setiap manajer untuk merencanakan pendapat dan biaya yang  menjadi tanggung jawabnya dan kemudian menyajikan informasi realisasi pendapatan dan biaya tersebut menurut manajer yang bertanggung jawab.
9.      Jelaskan manfaat informasi akuntansi pertanggungjawaban bagi manajer suatu perusahaan!
Jawab:
Informasi akuntansi pertanggungjawaban bermanfaat bagi manajer suatu perusahaan adalah untuk :
a)      Mengelola aktivitas, dengan cara mengarahkan usaha manajemen dalam mengurangi  dan ahirnya menghilangkan biaya bukan penambahan nilai.
b)      Memantau efektifas program pengelolaan aktivitas.
10.  Apa dampak  informasi keuangan terhadap motivasi manajer?
Jawab:
Karena informasi akuntansi merupakan bagian yang signifikan, maka informasi akuntansi berdampak terhadap motivasi manajer melalui dua jalur yakni:
a)      Menimbulkan pengaruh langsung terhadap motivasi manajer dengan mempengaruhi kemungkinan usaha diberi penghargaan. Kemungkinan dengan memperoleh penghargaan inilah yang memotivasi manajer untuk meningkatkan usaha.
b)      Secara tidak langsung informasi akuntansi pertanggungjawaban berdampak terhadap motivasi melalui nilai penghargaan. Informasi akuntansi pertanggungjawaban digunakan untuk mengukur kinerja manajer. Jika struktur penghargaan sebagian besar didasarkan atas informasi akuntansi, manajer akan memperoleh kepuasan.

 BAB III
KONSEP DASAR DAN KLASIFIKASI BIAYA

 1.      Jelaskan perbedaan antara biaya langsung dan biaya tidak langsung!
Jawab:
Perbedaan antara biaya langsung dan biaya tidak langsung adalah biaya langsung merupakan biaya yang dapat diidentifikasikan atau dapat ditelusuri secara fisik terhadap suatu objek yang dibiayai secara akurat dan secara ekonomis menguntungkan, sedangkan biaya tidak langsung merupakan biaya yang tidak dapat diidentifikasikan atau ditelusuri secarav khusus pada objek yang dibiaya secara akurat atau teliti dan dengan cara yang secara ekonomis menguntungkan,sehingga harus dialokasikan.
2.      Sebutkan dan jelaskan cara penelusuran biaya!
Jawab:
Ada dua cara penelusuran biaya antara lain:
a)      Penelusuran langsung (direct tracing) adalah proses pengidentifikasian dan pembebanan biaya yang secara spesifik atau secara fisik dengan dengan menghubungkan antara tujuan biaya dengan objek yang dibiayai.
b)      Penelusuran pemicu (diver tracing) adalah proses penelusuran dengan mengamati dan mengukur banyaknya konsumsi sumber daya, penggunaan aktivitas, biaya dan pendapatan oleh objek yang dibiayai.  
3.      Sebutkan dan jelaskan cara penelusuran biaya ke objek yang dibiayai!
Jawab:
Cara penelusuran biaya ke objek yang dibiayai antara lain:
a)      Pemicu sumber daya (resources drivers), dimana mengukur sumber daya yang dibutuhkan oleh suatu aktivitas dan digunakan untuk membebani biaya sumber daya pada aktivitas tersebut.
b)      Pemicu aktivitas (activity drivers), mengukur aktivitas yang dibutuhkan oleh objek yang dibiayai dan digunakan untuk membebani biaya aktivitas pada objek yang dibiayai tersebut.
4.      Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan biaya variabel (variable cost)!
Jawab:
Biaya variabel(variable cost) adalah: biaya yang secara total berubah-ubah sesuai dengan perubahan tingkat aktivitas output secara proporsional atau sebanding, misalnya biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.
5.      Jelaskan perbedaan antara biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel!
Jawab:
Perbedaan antara biaya tetap, biaya variabel dan biaya semi adalah biaya tetap  dimana biaya totalnya tidak berubah meskipun adanya perubahan volume produksi maupun tingkat aktivitas tertentu; biaya variabel memiliki biaya yang berubah-ubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan atau tingkat aktivitas tertentu sedangkan biaya semivariabel merupakan tingkah laku atau sifat gabungan antara biaya tetap dan biaya variabel.
6.      Kemukakan karakteristik biaya tetap yang Anda ketahui!
Jawab:
Karakteristik biaya tetap adalah sebagai berikut:
a)      Secara total jumlahnya tetap dalam jarak waktu yang relevan, tidak dipengaruhi oleh perubahan tingkat aktivitas.
b)      Secara unit berubah-ubah, artinya biaya tetap perunit akan turun apabila tingkat aktivitasnya naik dan sebaliknya.
c)      Pembebanan kepada suatu objek yang dibiayai menggunakan keputusan manajemen atau metode alokasi tertentu.
d)     Pengawasan terjadinya atau penggunaannya menjadi tanggungjawab (terkendali) bagi manajemen pucak.
7.      Jelaskan yang dimaksudkan biaya tetap komited!
Jawab:
Biaya tetap komited merupakan biaya yang berhubungan dengan aktiva tetap dan struktur organisasi perusahaan yang secara tetap harus terjadi, misalnya biaya depresi aktiva tetap, asuransi dan gaji manajer puncak dan manajer pelaksana lainnya.
Pada biaya tetap komited ada dua faktor kunci yakni: biaya tersebut bersifat jangka panjang dan biaya tersebut tidak dapat diturunan menjadi nol (meskipun operasi kegiatan perusahaan dihentikan untuk sementara tetapi biaya tetap komited akan tetap terjadi tanpa ada perubahan)
 8.    Sebutkan tiga pendekatan yang digunakan dalam menentukan pola perilaku biaya semivariabel!
Jawab:
Tiga pendekatan yang digunakan dalam menentukan pola perilaku biaya semivariabel yaitu:
a)      Pendekatan intuisi, kemauan atau judgement
b)      Pendekatan analisis enjinering atau pendekatan yang didasarkan pada hubungan fisik antara masukan atau input dengan keluaran atau output.
c)      Pendekatan analisis data biaya masa lalu.
9.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan biaya produksi (production cost)!
Jawab:
Biaya produksi (production cost) adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan pengelolahan manufacture  atau mengubah bahan baku menjadi barang yang siap dijual atau dikonsumsi maupun biaya pelaksanaan  atau pemberian jasa atau pelayanan.
10.  Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan biaya overhead pabrik!
Jawab:
Biaya overhead pabrik adalah semua biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung yang meliputi semua input yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang (produ baru), misalnya biaya depresi gedung dan peralatan, pemeliharaan, suplies, mandor, listrik, pengamanan dan pajak bumi bangunan.

 BAB IV
AKUNTANSI PENENTUAN HARGA POKOK

1.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan penentuan harga pokok produk!
Jawab:
Penentuan harga pokok produk adalah proses pembebanan biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik terhadap produk yang dihasilkan. Pemahaman terhadap proses tersebut  merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manajer, kerena cara-cara yang digunakan dalam penentuan harga pokok akan mempunyai pengaruh yang besar terhadap laba rugi yang dilaporkan serta  terhadap aktiva lancer dalam neraca.
2.      Apa perbedaan dari pendekatan full costing (absorption costing) dan variabel costing (direct costing)?
Jawab:
Pendekatan full costing (absorption costing) merupakan pendekatan yang paling umum digunakan dalam menghitung hargab pokok produk yang mana memperhitungkan semua biaya produksi baik yang bersifat variabel maupun yang tetap sedangkan pendekatan direct costing atau variabel costing menghitung harga pokok produk hanya dengan mempertimbangkan  biaya produksi variabel sedangkan seluruh biaya  tetap dianggap sebagai biaya periode (period cost).
3.      Apa tujuan perancangan sistem akuntansi harga pokok pesanan bagi manajemen suatu perusahaan?
Jawab:
Sistem akuntansi harga pokok pesanan dirancang untuk dapat memberikan dua macam informasi kepada manajemen yaitu:
a)      Memberikan informasi mengenai harga pokok atau biaya produksi suatu pesanan, yang mana dapat membantu manajemen untuk memutuskan apakah pesanan yang semacam itu dimasa mendatang harus diterima atau ditolak dan berapa harga jual yang pantas.
b)      Memberikan informasi tentang efektifitas biaya  yang dapat dikumpulkan dan dilaporkan, yang mana akan memberikan data kepada manajemen mengenai kesesuaian biaya pelaksanaan suatu pesanan dengan biaya yang dianggarkan.
  4.   Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan sistem harga pokok proses!
Jawab:
Sistem harga pokok proses adalah suatu cara untuk menetukan harga pokok produk bagi perusahaan yang memproduksikan barang  yang homogen dan proses produksinya terus memerus, seperti : terigu, semen, benang, tekstil. Selain itu, sistem harga pokok proses yang digunakan oleh perusahaan perakitan seperti mesin ketik, auto mobil dan juga kegiatan perusahaan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
5.      Apa perbedaan karakteristik proses produksi metode harga pokok proses dan proses produksi dengan metode harga pokok pesanan!
Jawab
Perbedaan karakteristik proses produksi metode harga pokok proses dan metode harga pokok pesanan:

Metode Harga Pokok Proses
Metode Harga Pokok Pesanan
Biaya produksi dikumpulkan
Setiap bulan atau periode penentuan harga pokok produk

Untuk setiap pesanan
Harga pokok per satuan produk dihitung
Pada akhir bulan/periode penentuan harga pokok produk

Apabila pesanan telah selesai diproduksi
Rumus perhitungan harga pokok per satuan
Jumlah biaya produksi yang telah dikeluarkan selama bulan/periode tertentu dibagi dengan jumlah satuan produk yang dihasilkan selama bulan/periode bersangkutan.
Jumlah biaya produksi yang telah dikeluarkan untuk pesanan tertentu dibagi dengan jumlah satuan produk yang diproduksi dalam pesanan bersangkutan.

6.      Apa sajakah syarat-syarat dalam penggunaan metode harga pokok pesanan?
Jawab:
Syarat penggunaan metode harga pokok pesanan antara lain:
a)      Masing-masing pesanan, pekerjaan, atau produk dapat dipisahkan identitasnya secara jelas dan perlu dilakukan penentuan harga pokok pesanan secara individual.
b)      Biaya produksi harus dipisahkan ke dalam dua golongan yaitu: biaya langsung (BBB & BTKL) dan biaya tak langsung (selain BBB & BTKL).
c)      BBB dan BTKL dibebankan/diperhitungkan secara langsung terhadap pesanan bersangkutan sedangkan BOP dibebankan kepada pesanan atas dasar tarif yang ditentukan di muka.
d)     Harga pokok setiap pesanan ditentukan pada saat pesanan selesai.
e)      Harga pokok per satuan produk dihitung dengan cara membagi jumlah biaya produksi yang dibebankan pada pesanan tertentu dengan jumlah satuan produk dalam pesanan bersangkutan.
7.      Jelaskan apa yang Anda ketahui tentang metode rata-rata tertimbang!
Jawab:
Dalam metode rata-rata tertimbang jumlah harga pokok produk dalam proses awal ditambahkan dengan biaya produksiyang dikeluarkan periode sekarang dibagi dengan unit ekuivalensi produk untuk menghasilkan harga pokok rata-rata tertimbang. Harga pokok produk yang dihasilkan oleh departemen setelah departemen I merupakan harga pokok kumulatif yang merupakan penjumlahan harga pokok dari departemen I ditambahkan dengan departemen berikutnya yang bersangkutan.
8.      Jelaskan apa yang Anda ketahui tantang metode masuk pertama keluar pertama!
Jawab:
Metode masuk pertama keluar pertama menganggap bahwa biaya produksi periode sekarang pertama kali digunakan untuk menyelesaikan produk yang pada awal periode masih dalam proses, baru kemudian sisanya digunakan untuk mengolah produk yang dimasukkan dalam proses periode sekarang sehingga dalam perhitungan unit ekuivalensi tingkat penyelesaian persediaan produk dalam proses awal harus diperhitungkan.
9.      Bagaimanakah cara menjurnal pembelian bahan baku, pemakaian bahan baku dan pembagian upah karyawan!
Jawab:
a.   Pembelian bahan baku, jurnalnya:
      Persediaan Bahan Baku                                  Rp........
Utang Dagang/Kas                                                    Rp..........
b.   Pemakaian bahan baku, jurnalnya:
Barang Dalam Proses-Biaya Bahan Baku       Rp……..
Persediaan Bahan Baku                                              Rp……...
c.   Pembagian upah/ gaji, jurnalnya:
Barang Dalam Proses-BTKL                          Rp..........
Gaji dan Upah                                                             Rp.......
10.  Sebutkan informasi yang dapat diperoleh dalam laporan harga pokok produksi!
Jawab:
Laporan harga pokok produksi berisi informasi tentang:
a)      Kuantitas produksi
b)      Unit ekuivalen (produksi ekuivalen)
c)      Perhitungan harga pokok per unit
d)     Perhitungan harga pokok produk.
  
BAB V
INFORMASI AKUNTANSI PENUH
 
1.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan informasi akuntansi penuh!
Jawab:
Informasi akuntansi penuh merupakan informasi akuntansi langsung yang terjadi dalam objek informasi tertentu ditambahkan dengan bagian yang adil informasi akuntansi tidak langsung yang dibebankan pada objek informasi.
Atau merupakan informasi yang selalu berkaitan dengan ojek informasi yang berupa produk, keluarga produk, aktivitas, departemen, divisi, atau perusahaan sebagai keseluruhan informasi akuntansi penuh yang dapat berupa seluruh aktiva , seluruh pendapatan yang diperoleh dan seluruh sumber yang dikorbankan untuk suatu objek informasi.
2.      Apa yang Anda ketahui tentang pendapatan penuh dalam informasi penuh!
Jawab:
Pendapatan penuh adalah pendapatan langsung suatu objek informasi ditambahkan dengan bagian yang adil pendapatan langsung yang menjadi hak objek informasi tersebut.
3.      Apa manfaat informasi akuntansi penuh bagi manajemen?
Jawab:
Manfaat informasi akuntansi penuh bagi manajemen antara lain:
a)      Dapat digunakan dalam pelaporan keuangan.
b)      Dapat digunakan untuk menganalisis kemampuan menghasilkan laba.
c)      Dapat digunakan sebagai jawaban atas pertanyaan.
d)     Dapat digunakan sebagai penentuan harga jual.
e)      Dapat digunakan dalam penyusunan program.
4.      Sebutkan dan jelaskan dua golongan pelaporan keuangan yang sering terjadi!
Jawab:
Dua golongan pelaporan keuangan yakni:
a)      Pelaporan keuangan yang ditunjukan kepada pihak luar perusahaan.
Pelaporan keuangan yang ditunjukan kepada pihak luar perusahaan selalu terikat pada prinsip akuntansi yang berlaku umum atau yang lazim digunakan.
b)      Pelaporan keuangan yang ditunjukan kepada pihak manajemen.
Pelaporan keuangan yang ditunjukan kepada pihak manajemen tidak terlalu terikat pada prinsip akuntansi yang berlaku umum atau yang lazim digunakan.
5.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan penentuan harga jual dalam Cost type contract!
Jawab:
Penentuan harga jual dalam cost type contract merupakan pembuatan produk baik barang atau jasa yang pihak pembelinya setuju untuk membeli produk tersebut pad harga yang didasarkan pada total biaya yang sesungguhnya dikeluarkan oleh produsen ditambah dengan laba yang dihitung sebesar presentase tertentu dari total biaya sesungguhnya tersebut.
6.      Apa yang menjadi fungsi utama dari akuntansi penuh!
Jawab:
Fungsi utama akuntansi penuh adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.
7.      Mengapa manajer suatu perusahaan selalu membutuhkan informasi laporan keuangan baik dalam bentuk laporan rugi laba, laporan modal dan neraca?
Jawab:
Karena dari informasi laporan keuangan baik dalam bentuk laporan rugi laba, laporan modal dan neraca, manejer dapat mengetahui apa yang terjadi pada suatu perusahaan, apakah sudah sesuai dengan tujuan perusahaan dan informasi tersebut dapat menjadi acuan atau pedoman bagi manajemen untuk mengambil keputusan kebijakan pada organisasi perusahaan demi mencapai kondisi yang diinginkan.
8.      Jelaskan yang dimaksudkan dengan laporan neraca dalam sistem akuntasi!
Jawab:
Neraca adalah laporan yang menunjukkan posisi keuangan dari suatu perusahaan pada saat tertentu. Posisi keuangan ini meliputi keadaan aktiva, kewajiban dan ekuitas dari suatu perusahaan. Dengan cara menghubungkan pos-pos tertentu dlam neraca, kita dapat menilai keadaan likuiditas, solvabilitas dan fleksibilitas keuangan perusahaan.
9.      Bagaimanakah menentukan harga jual normal atas suatu produk yang hendak diperjual belikan?
Jawab:
Harga jual suatu produk terbentuk dipasar sebagai interaksi antara jumlah permintaan dan penawaran di pasar maka manajemen puncak harus memperoleh jaminan bahwa harga jual yang ditetapkan atas produk tersebut harus dapat menghasilkan keuntungan yang wajar.
10.  Mengapa alokasi biaya tidak langsung untuk pelaporan keuangan kepada pihak luar selalu ditunjukan untuk menghasilkan informasi kos sediaan yang dipakai sebagai dasar untuk penilaian sediaan?
Jawab:
Karena menurut prinsip akuntansi yang lazim kos sediaan merupakan hasil kali antara jumlah sediaan dengan biaya produksi per unit, maka untuk menghasilkan biaya produksi penuh yang bersangkutan dengan sediaan harus diperhitungkan dengan unsur biaya-biaya produksi (biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik).

www.noken_kein@yahoo.com

Putra Bungsu

Flores Solor Pamakayo 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar